Rabu, 16 November 2016

Rupiah dibalik sicantik burung Love bird

        Siapa yang tidak mengenal si cantik burung Love  Bird, hampir semua kicau mania mengetahui dan menyukai burung cantik ini, bahkan kalangan masyarakat yang belum tau asal muasal burung ini pun akan kepincut melihat kecantikan warna burung love bird.
       pada dasarnya burung love bird digunakan sebagai hiasan burung rumahan, tapi kebanyakan kicau mania mempergunakan suara ngekek nya sebagai burung master bagi burung gacoan mereka, dan tidak sedikit para kicau mania dan pebisnis berlomba - lomba menangkarkan burung asli afrika ini, terutama untuk bisnis sambilan yang cukup menggiurkan, bagaimana tidak....bayangkan saja selain cara perawatannya relatif mudah, pakan pun cukup milet putih yang harganya juga sangat murah dan mudah di dapat dan bisa diberikan beberapa selingan EF beberapa kali dan biasanya cukup diberikan 1 minggu 2-4 kali. Jadi gak perlu rawatan ekstra, soal pemasaran pun masi bisa terbilang kekuranagan bahan, entah itu dibuat calon gacoan atau sebagai hiasan rumah dan lagi buat di tangkarkan kembali. contoh kecil saja dari seorang pengepul love bird bahan ternak di jember saja hampir tiap minggu di penuhi permintaan dari luar jawa entah itu kalimantan atau pun madura, padahal sudah tidak mengherankan lagi dan sering di perbincangkan pulau madura lah tempatnya penangkar love bird terbesar saat ini, yang sering memasok bahan-bahan anakan di pulau jawa, tetapi yang jadi pertanyaannya adalah... Kenapa para peternak di madura malah kekurangan love bird bahan untuk diternak padahal disanalah tempat penangkaran love bird terbesar saat ini selain di solo jawa tengah????
Itu karena permintaan pasar yang terlalu tinggi dari bahan anakan yang di hasilkan. Dan kebanyakan sebagian besar dari hasil ternakan mereka di setor ke pengepul di sluruh indonesia, dan mereka membeli kembali love bird siap ternak dan menambah kandang untuk memenugi permintaan pasar yang jauh lebih tinggi, perhitungannya simple, daripada mereka memelihara anakan love bird dari ternakan mereka, jauh lebih cepat membuahkan hasil jika mereka membeli love bird siap ternak daripada membuang waktu untuk membesarkan anakan love bird dari hasil kandang mreka....nahhh dari sinilah penulis bisa memprediksikan untuk pasar love bird sampai 5 tahun ke depan masih sangat bagus... mengingat pasar masih membutuhkan bahan-bahan love bird..
Adapun analisa usaha dari berternak burung cantik ini sbb.



Modal awal
Sepasang love bird siap ternak @ 850,000
10  x 850.000                                                            Rp  8.500.000
Biaya pembuatan kandang                                          Rp   1000.000
Total modal awal                                                        Rp  9.500.000

Biaya tetap
Penyusutan kandang                                                   Rp      50.000

Biaya tidak tetap
Pakan dan obat                                                          Rp    250.000
Lain-lain                                                                     Rp    200.000
Pengeluaran Biaya tetap + biaya tidak tetap                Rp    500.000

Jika dalam 1 bulan bisa memanen anakan sedikitnya 10 ekor,
Harga anakan 10 x @350.000 = 3.500.000 - pengeluaran 1 bln Rp 500.000 =  Rp 3000.000 penghasilan bersihnya,
 itu jika tiap bulan bisa memanen anakan 10 ekor, dan tidak menutup kemungkinan bisa lebih kan....,tinggal dihitung saja berapa berapa rupiah yang bisa di dapat...




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar